A Monkey’s Wedding: Are the Monkeys Really Getting Married?

By | January 15, 2017

Sebenarnya, tulisan ini tidak sedang mengulas aktivitas binatang, tetapi fenomena cuaca. Lho? Iya, frasa monkey’s wedding itu merujuk pada gejala alam ketika hujan turun saat matahari bersinar. Ini bukan fenomena tak biasa, meskipun tak bisa dikatakan sering terjadi. Maksudnya, sobat pasti pernah mengalami gejala alam ini, bukan?

Menurut sumber online Dictionary.com, ungkapan ini berasal dari South Africa – Afrika Selatan – sebuah negara di wilayah paling selatan Benua Afrika. Ini ungkapan informal yang barangkali TIDAK digunakan secara luas di negara-negara atau wilayah-wilayah berbahasa Inggris. Tentu ada cukup banyak penutur asli tahu ungkapan ini, tetapi tidak semua. Kalau sobat menggunakan ungkapan ini di Australia atau Inggris, mereka pasti akan mengernyitkan dahi karena tak lazim dipakai di negara-negara itu.

Menariknya, di banyak negara  dengan latar belakang budaya berbeda, gejala alam ini disebut dengan ungkapan-ungkapan yang sebagian besar terkait binatang. Di Australia dan sebagian Inggris, fenomena alam ini juga disebut monkey’s birthday, di Perancis disebut dalam versi bahasa Inggrisnya sebagai wolf’s wedding, di Brasil, Jepang, dan Nepal disebut fox’s wedding, di Bengali, India the blind fox’s wedding, utara Iran disebut jackal’s wedding, dan di Jawa (terutama Yogyakarta) disebut monkey rain (hujan kera).

Di negara-negara lain, fenomena alam ini disebut dengan ungkapan-ungkapan berbeda. Di Amerika Serikat the devil is beating his wife. Orang New York biasa menyebutnya the Donald is fixing his hair. Di Tennessee the devil’s kissing his wife lazim digunakan. Di Yunani disebut the people are getting married.

Lepas dari beragam ungkapan yang digunakan di berbagai negara dan budaya, ada KATA BAKU dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk merujuk pada fenomena alam ini, yaitu sunshower. Kata ini sangat lazim dipakai dalam bahasa Inggris, dan kalau sobat menggunakan kata ini, mereka pasti paham dan tidak akan menunjukkan muka kebingungan.

Jadi, lebih aman sobat menggunakan kata sunshower kalau sobat ingin berbicara tentang fenomena alam saat hujan turun bersamaan dengan matahari bersinar terang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *