Madonna Was Dressed Up to the Nines

By | May 25, 2017

“You won’t believe me
All you will see is a girl you once knew
Although she’s dressed up to the nines
At sixes and sevens with you”

Sobat pasti masih ingat syair lagu “Don’t Cry for Me Argentina” di atas. Lagu nge-hit tahun 1976 gubahan Andrew Lioyd Webber dan Tim Rice itu pernah dirilis dan dinyanyikan ulang oleh Madonna tahun 1997. Setahun sebelumnya, Madonna membintangi film musikal dengan judul yang sama dengan lagu yang dinyanyikannya itu.

Dalam bait ke dua lagu itu ada ungkapan menarik: dressed up to the nines. Sobat barangkali bertanya-tanya apa artinya. Menurut kamus online Cambridge Dictionary ungkapan ini berarti “to be wearing fashionable or formal clothes for a special occasion” – berdandan trendi (mengikuti gaya fashion terakhir) atau resmi dalam acara khusus.

Pertanyaannya, kenapa juga pakai frasa the nines, bukan the eights, the sevens, atau yang lainnya. Sebenarnya tidak terlalu jelas alasannya. Menurut Oxford Living Dictionaries, frasa dressed (up) to the nines  pertama kali digunakan sekitar tahun 1837. Dan ungkapan ini adalah pengembangan dari frasa to the nines yang berarti ‘to perfection’ atau ‘to the greatest degree’ – hingga taraf sempurna, yang diketahui pertama kali digunakan dalam Epistle to Ramsay tulisan William Hamilton tahun 1719. Dalam tulisannya, ia menuliskan “The bonny Lines therin thou sent me, How to the nines they did content me.”

Jadi, menurut penjelasan tersebut frasa ‘to the nines’ kira-kira berarti sempurna, dan ungkapan dressed up to the nines kurang lebih berarti berdandan habis-habisan/total. Tetapi ada teori lain yang menyebutkan bahwa frasa ‘to the nines’ sebenarnya berasal dari frasa ‘to then anes’ yang berarti ‘for the one occasion/purpose’ – untuk satu kesempatan atau tujuan.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan ungkapan ‘dressed up to the nines’:

  • Maria is always dressed up to the nines whenever she meets her fiance. – Maria selalu berdandan habis-habisan setiap kali ia bertemu dengan tunangannya.
  • Kirana was dressed up to the nines for her brother’s wedding. – Kirana berdandan habis-habisan untuk pernikahan kakak laki-lakinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *