Instagram Is Officially a Verb

By | August 7, 2019

Jaman sekarang anak muda mana yang tak punya akun Instagram. Platform media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi foto ini begitu digandrungi remaja, bahkan orang tua. Begitu populernya sehingga di Indonesia saat ini  platform media sosial ini telah menjadi yang paling populer kedua setelah Facebook. Di seluruh dunia lebih dari 1 milyar orang menggunakan aplikasi ini, sementara Indonesia menempati urutan ke 4 dalam hal jumlah pengguna.

Instagram, yang juga dikenal dengan sebutan IG atau Insta, awalnya dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger di bawah bendera Burbn Inc. Tahun 2012 Instagram secara resmi dibeli Facebook dengan harga 1 milyar dollar Amerika. Saat ini akun Instagram bisa secara langsung terhubung dengan akun Facebook pengguna. Itu memungkinkan pengguna berbagi foto di Instagram dengan pengguna lain di Facebook.

Dari mana nama Instagram berasal? Nama ini berasal dari dua kata, yakni instant dan telegram. Kata instant merujuk pada foto-foto instan dengan tampilan seperti foto-foto yang dihasilkan kamera polaroid. Sementara telegram merujuk kecepatan mengirim atau berbagi foto yang dimiliki aplikasi ini.

Seiring dengan popularitas Instagram di kalangan anak-anak muda di seluruh dunia, kata ini secara resmi sudah masuk dalam daftar kosa kata kamus-kamus besar. Merriam Webster, misalnya, sejak tahun 2018 menempatkan kata instagram sebagai verba atau kata kerja dalam kamus mereka. Demikian juga dengan kata instagrammable sebagai ajektiva atau kata sifat. Cambridge Dictionary maupun Collins English Dictionary pun kemudian memasukkannya dalam daftar kosa kata kamus mereka.

Menurut Merriam Webster, verba instagram ˈ(dibaca in(t)-stə-ˌgram) berarti “to post (a picture) on the Instagram photo-sharing service – mengirim (gambar) pada layanan berbagi foto Instagram.”  Sebagai verba, kata ini tentu juga mempunyai bentuk-bentuk konjugasi sebagaimana verba pada umumnya dalam bahasa Inggris: instagrams, instagrammed, instagramming. Bentuk ajektivanya, instagrammable, didefinisikan sebagai layak dikirim atau dipublikasikan melalui Instagram. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan verba instagram:

  • Celebrities love instagramming their outdoor activities – Selebriti suka mengirimkan/mempublikasikan foto-foto kegiatan-kegiatan di luar rumah di Instagram.
  • Sophia instagrams and tweets while lying in bed after work. – Sophia mengirim gambar di Instagram dan mentweet sembari berbaring di kasur setelah kerja.
  • You have to decide whether or not you should instagram everything. – Kamu harus memutuskan apakah kamu harus mempublikasikan semuanya di Instagram.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *