In vs Inside: Sama Atau Beda?

By | October 16, 2018

Sobat pembaca, dua preposisi yang kita bahas kali ini – in dan inside – memang sedikit membingungkan bagi pembelajar bahasa Inggris ketika berbicara tentang tempat. Dalam situasi tertentu, keduanya bisa dipertukarkan, dan dalam situasi lain tidak. Mari kita bahas satu per satu.

IN

Preposisi ini tak hanya digunakan dalam kaitannya dengan tempat, tetapi juga waktu. Kali ini kita TIDAK akan membahas preposisi ini dalam kaitannya dengan waktu. Dalam bahasa Indonesia, kata depan ini diartikan ‘di dalam’ atau ‘dalam’. Kamus online  Oxford Dictionary menjelaskan bahwa preposisi ini “expressing the situation of something that is or appears to be enclosed or surrounded by something else” – mengungkapkan letak sesuatu yang terkurung atau dikelilingi atau tampak dikurung atau dikelilingi oleh sesuatu yang lain.

Jadi kalau sobat berada di suatu tempat yang tertutup di semua sisi (enclosed – bayangkan bangunan seperti rumah, misalnya, yang tertutup di semua sisi) atau dikelilingi, misalnya oleh tembok, silakan sobat menggunakan preposisi ini. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan preposisi in.

  • My brother and I were in the cabin while everybody was enjoying sweet grilled corns. – Aku dan kakakku di dalam pondok ketika semua yang lain   sedang menikmati jagung bakar manis.
  • Citra locked herself in her room for days after she broke up with Dany. – Citra mengurung diri di dalam kamarnya selama berhari-hari setelah dia putus dari Dany.
  • I put my watch back in the box. – Saya tinggalkan jam tangan saya kembali di dalam kotak.

Nah, bagaimana dengan tempat yang sobat bayangkan (tentu imajiner) bisa ‘menampung’ sesuatu di dalamnya meskipun tidak dikelilingi oleh sesuatu? Sobat bisa menggunakan preposisi ini. Ya, betul. Untuk tempat-tempat yang besar, sobat bisa menggunakan preposisi ini. Bayangkan saja sobat berada ‘di dalamnya’: kota, desa, lapangan, sawah. Sobat bisa mengatakan in London, in the rice field, in the band, in the forest, in the region, dan lain-lain.

INSIDE

Kata ini juga sebuah preposisi, meskipun kata yang sama ini pula bisa berfungsi sebagai nomina. Dalam dua  kalimat pertama di atas, sobat bisa menggunakan inside untuk menggantikan in.

  • Citra locked herself inside her room for days after she broke up with Dany. – Citra mengurung diri di dalam kamarnya selama berhari-hari setelah dia putus dari Dany.
  • My brother and I were inside the cabin while everybody was enjoying sweet grilled corns. – Aku dan kakakku di dalam pondok ketika semua yang lain   sedang menikmati jagung bakar manis.

Kalau berbicara tentang realitas, baik “in her room” maupun “inside her room” menunjukkan realitas yang sama, bahwa Citra berada di dalam kamarnya. Tetapi, sobat perlu pahami bahwa kalau sobat menggunakan inside, itu berarti sobat sedang memberi penekanan bahwa sesuatu atau seseorang berada di dalam, TIDAK di luar. Maksudnya, ketika menggunakan preposisi ini, dalam benak sobat sedang mempertentangkannya dengan OUTSIDE.

Bagaimana dengan frasa-frasa in London, in the rice field, in the band, in the forest, in the region? Apakah sobat bisa menggunakan kata inside? Dalam percakapan sehari-hari tentu sangat tidak lazim bagi penutur asli menggunakan preposisi ini:

  • I live inside London (X).
  • My kid is inside the rice field (X).
  • Nugi is still inside the band (X).

Tetapi, dalam situasi tertentu ketika sobat ingin memberi penekanan bahwa subyek yang sobat sedang bicarakan berada di dalam, bukan di luar, atau bahwa sobat sedang memberikan perhatian pada bagian dalam, sobat bisa menggunakan preposisi ini.

  • What is life like inside China? – Seperti apakah hidup di dalam negeri China? Di sini sobat sedang memberi penekanan.
  • Could you please confirm if my kid is inside or ouside the rice field? – Apakah Anda bisa memastikan apakah anak saya di dalam atau di luar sawah?

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *