Hurt, Injured, atau Wounded?

By | November 15, 2015

Sobat pembaca, ketiga kata yang kita bahas kali ini – hurt, injured, dan wounded – lazim dipakai untuk menggambarkan adanya ‘kerusakan’ tubuh/fisik akibat kecelekaan, perkelahian, atau bahkan perang, meskipun ada perbedaan makna, tergantung level ‘kerusakannya’. Mari kita lihat satu per satu:

HURT

Kata ini dipakai untuk menggambarkan rasa sakit atau pain dalam bahasa Inggris. Ketika dahi atau kepala sobat pembaca tak sengaja membentur sesuatu, dan ada rasa sakit yang muncul akibat benturan itu, You get hurt. Atau ketika sobat pembaca sedang berjalan dan terantuk batu, lalu jatuh dan lutut memar atau lecet, dan tentu rasa sakit muncul akibat kejadian itu, You get hurt. Tentu level rasa sakit berbeda-beda tergantung kejadian yang menyebabkannya. Sejauh kejadian-kejadian tersebut hanya menyebabkan rasa sakit dan tidak menyebabkan bagian tubuh mengalami gangguan fungsi, misalnya tempurung lutut bergeser, tulang patah, You are hurt but not injured. Seseorang bisa ‘hurt’ tanpa ‘injured’. Seorang atlit yang mengalami ‘hurt’ masih tetap mampu melanjutkan pertandingan.

Kata ‘hurt’ tak hanya digunakan untuk menjelaskan rasa sakit secara fisik, tetapi juga mental/perasaan. Ketika seorang remaja mengalami putus cinta, atau ditinggalkan oleh kekasihnya, She is hurt.

INJURED

Kata ini mungkin lebih tepat diartikan sebagai ‘cedera’. Ketika seseorang bersepeda, lalu tiba-tiba sepedanya terjungkal, dan kejadian itu menyebabkan lengan kirinya patah, pergelangan kakinya terkilir dan itu menyebabkan dia tak bisa berjalan, He is injured. Dan apakah dia mengalami ‘hurt’? Tentu saja, dan kita bisa membayangkan rasa sakit yang luar biasa. Jadi, He is not only hurt, but injured. Seorang atlit yang mengalami ‘injured’ pasti tidak akan mampu meneruskan pertandingan.

WOUNDED

Kata ini lebih tepat diartikan sebagai ‘terluka’. Sobat pembaca bisa menggunakan kata ini untuk menjelaskan seseorang yang mengalami luka terbuka, ada bagian daging yang sobek terbuka, misalnya akibat tertusuk, terkena pisau, tertembak, atau kejadian lain yang menyebabkan daging sobek. Ketika seorang penumpang bus mengalami luka terbuka karena ada bagian tubuh yang sobek akibat bus yang ditumpangi menabrak pohon asem di pinggir jalan, He is wounded.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *