Google It!

By | August 4, 2019

Siapa yang tidak kenal Google? Perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa dan produk Internet nomor 1 di dunia ini telah membantu banyak orang untuk menemukan informasi yang mereka inginkan melalui mesin pencari. Dan memang itulah misi perusahaan yang didirikan Larry Page dan Sergery Brin 20 tahun yang lalu,”Organize the world’s information and make it universally accessible and useful – Mengelola informasi dunia dan membuatnya mudah diakses dan berguna untuk setiap orang.”

Misi mereka tercapai. Hampir semua pengguna internet di dunia menggunakan mesin pencari Google. Setidaknya, Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, meskipun ada juga beberapa mesin pencari lain, misalnya Yahoo, Bing, Ask.com, DuckDuckGo.

Bagaimana perusahaan ini bisa dinamai Google? Sebenarnya ini berawal dari permainan kata dari nomina googol. Kata ini dilafalkanˈgü-ˌgȯl. Menurut kamus, kata googol merujuk pada angka 1 diikuti oleh seratus angka 0, angka yang sangat besar. Angka ini merefleksikan misi pendirinya, tidak hanya soal pengelolaan data seluruh dunia yang begitu besar, tetapi juga manfaatnya.

Saking populernya saat ini kata google telah secara resmi digunakan sebagai verba maupun nomina dalam bahasa Inggris dan masuk dalam daftar kosa kata di kamus. Cambridge Dictionary, misalnya, menyebutkan bahwa kata google sebagai nomina merujuk pada nama mesin pencari informasi, dan sebagai verba berarti “to search for something on the Internet using the Google search engine” – mencari sesuatu di Internet menggunakan mesin pencari Google.” Kamus online Merriam Webster juga memberi definisi yang sama. Merriam Webster memasukkan kata ini dalam daftar kosa kata sejak 1998.

Perlu ditegaskan bahwa sobat hanya bisa menggunakan verba google hanya jika melakukan pencarian menggunakan mesin pencari Google, bukan mesin pencari lain. Sebagai verba, kata ini mempunyai beberapa bentuk konjugasi sebagaimana verba lain: google – googled – googles – googling. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan google sebagai verba:

  • Well, I googled the name of the company, but I couldn’t find it. – Saya mencari nama perusahaan itu di Google tetapi tidak ketemu.
  • Why were you googling my name? – Kenapa kamu mencari namaku di mesin pencari Google?
  • If you want to know who built the Borobudur Temple, just google it. – Kalau kamu ingin tahu siapa yang membangun Candi Borobudur, pakai Google saja.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *