Gerund As Subject: Jelasnya Seperti Apa sih?

By | August 13, 2017

Sobat pembaca setia, sebelumnya kita sudah bahas secara umum apa itu gerund, dan beberapa contoh kalimatnya. Untuk penjelasan umum tentang hal ini, sobat bisa membaca lagi di link ini. Sekarang kita akan membahas lebih lanjut secara lebih mendalam, dalam kaitannya dengan posisinya dalam kalimat sebagai subyek.

Sobat pasti sudah tahu bahwa sebuah kalimat pasti mempunyai subyek. Jika kalimat itu mempunyai kata kerja yang mengungkapkan tindakan atau aksi tertentu – misalnya make, jump, go, – maka subyek adalah yang melakukan tindakan-tindakan itu. Tetapi, jika sebuah kalimat mempunyai kata kerja yang tidak mengungkapkan tindakan – is, am, are, was, were, – maka subyek adalah yang menjadi pokok pembicaraan.

Lazimnya, yang menduduki posisi subyek adalah nomina atau frasa nomina. Coba sobat perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

  • Too much love will kill you. – Cinta yang terlalu banyak akan membunuhmu.

Kalau sobat bertanya apa yang akan membunuhmu? Pelakunya siapa atau apa? Jawabannya jelas, too much love. Frasa nomina inilah yang melakukan tindakan ‘membunuh’ itu. Frasa inilah subyeknya. Berikut adalah contoh lain:

  • Illegal drugs can seriously affect your health. – Obat-obatan ilegal bisa secara sungguh-sungguh mempengaruhi kesehatanmu.

Kalau sobat bertanya apa yang secara serius bisa mempengaruhi kesehatanmu? Pelakunya siapa atau apa? Jawabannya, illegal drugs. Frasa nomina inilah yang menjadi subyek kalimat. Berikut adalah satu contoh kalimat yang kata kerjanya tidak mengungkapkan tindakan. Kata kerjanya berupa linking verb is.

  • A birthday party is always fun. – Pesta ultah selalu menyenangkan.

Sobat, sekali lagi, bisa bertanya, apa yang selalu menyenangkan? Jawabannya, a birthday party. Dalam hal ini, always a lot of fun menjelaskan a birthday party, sebagai subyek kalimat.

Nah, apakah subyek dalam ketiga kalimat tersebut di atas bisa diganti dengan verba atau frasa verba? Apakah mungkin? Jawabannya, BISA dan MUNGKIN!! Tetapi, verba yang diletakkan dalam posisi subyek harus berbentuk -ing, dan itulah yang disebut GERUND. Perhatikan bagaimana subyek berupa frasa nomina dalam kalimat-kalimat di atas diganti dengan gerund.

  • Smoking will kill you. – Merokok akan membunuhmu. Apa yang akan membunuhmu? Smoking. Inilah subyeknya.
  • Working too much can seriously affect your health. – Bekerja terlalu banyak bisa dengan sungguh-sungguh mempengaruhi kesehatanmu. Apa yang bisa secara serius mempengaruhi kesehatanmu? Jawabannya, working too much. Inilah subyeknya.
  • Dancing is always fun. – Menari selalu menyenangkan. Apa yang selalu menyenangkan? Dancing. Inilah subyeknya.

Semoga membantu.

 

One thought on “Gerund As Subject: Jelasnya Seperti Apa sih?

  1. Pingback: Gerund as Object: Obyek dari Preposisi – englishforsma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *