Fluid vs Liquid: Beda Ternyata!

By | November 21, 2017

Dua kata yang kita bahas kali ini – fluid dan liquid – memang membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris. Dalam konteks tertentu, terutama dalam konteks sehari-hari, keduanya bisa diartikan cairan, meskipun kata fluid sendiri tidak selalu bisa diartikan caran.

Secara teknis, yang disebut liquid termasuk dalam kategori fluid, tetapi tidak semua yang disebut fluid adalah liquid. Terus, apa bedanya? Mari kita bahas satu per satu.

FLUID

Dalam bahasa Inggris sehari-hari, kata ini lebih sering digunakan ketimbang kata satunya ketika sobat ingin mengatakan cairan. Dokter, misalnya, akan menggunakan kata ini untuk memberi saran kepada pasien yang sakit. Mereka akan mengatakan,”You need to drink fluids to stay hydrated – Anda perlu minum banyak cairan untuk tetap terhidrasi,” meskipun sebenarnya, kata ini TIDAK SELALU merujuk pada cairan.

Atau, kalau sobat pernah membeli dan menggunakan minyak rem, sobat pasti mendapati tulisan “brake fluid” pada kalengnya. Dan, tentu yang dimaksud adalah cairan minyak rem itu. Dan sekali lagi harus dipahami bahwa kata ini sebenarnya TIDAK SELALU merujuk pada cairan.

Banyak frasa yang bersifat idiomatik menggunakan kata ini: body fluids (cairan tubuh), engine fluid, transmission fluid (cairan/minyak transmisi), toxic fluid (cairan beracun), cooling fluid (cairan pendingin), dan lain-lain. Dan biasanya, kata ini berkaitan dengan cairan yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Dalam ilmu fisika kata ini lebih sering diterjemahkan sebagai fluida. Dan yang disebut fluida adalah segala jenis zat yang dapat mengalir, atau dengan mudah mengambil bentuk wadah yang menjadi tempat zat itu. Dan itu berarti, fluida tidak harus berupa cairan, tetapi juga gas. Minyak pelumas, lilin cair, besi cair, air, udara, dikategorikan sebagai fluida, karena mudah berubah bentuk ketika mendapatkan tekanan dari luar.

Apakah sobat bisa menggunakan kata liquids dalam konteks di atas? Secara teknis bisa. Tetapi, bahasa sering kali tidak seperti itu. Kebiasaan menggunakan kata tertentu ketimbang kata lainnya sering membuat kata tertentu terdengar idiomatik. Jadi, memang ada perbedaan antara penggunaan kata ini dalam kehidupan sehari-hari dengan penggunaan kata ini dalam konteks ilmu pengetahuan atau sains.

LIQUID

Nah, kalau sobat mencermati definisi fluid dalam penjelasan di atas, jelas bahwa kata ini sebenarnya adalah bagian dari apa yang disebut fluid. Tetapi, dalam konteks sehari-hari kata ini justru tidak selazim kata fluid  ketika orang hendak merujuk pada cairan. Ya, begitulah bahasa.

Dalam konteks sehari-hari kata ini lebih lazim digunakan untuk merujuk status suatu zat dalam keadaan cair. Maka, kata ini lebih banyak berfungsi sebagai ajektiva untuk menerangkan nomina. Liquid soap, misalnya merujuk pada sabun cair, sebagai lawan dari solid soap atau sabun batang (padat). Atau frasa liquid iron alias besi cair, liquid medicine (obat cair), dan lain-lain.

Semoga membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *