Fit vs Suit vs Match: Beda Ya?

By | September 24, 2017

Sobat pembaca setia, tiga verba yang kita bahas kali ini – fit, suit, dan match – memang membingungkan. Dalam bahasa Indonesia, ketiganya berarti cocok, sesuai. Meskipun dalam kamus ketiganya disebut sebagai sinonim, tiga kata tersebut tidak benar-benar sama artinya. Nah, kalau begitu, bedanya apa? Mari kita bicarakan satu per satu.

FIT

Sebagai kata kerja, kata ini berarti cocok atau sesuai. Kamus online Collins Dictionary menyebutkan bahwa verba ini berarti cocok atau sesuai dalam pengertian ukuran (size), bentuk (shape), kualitas (quality), kualifikasi (qualification), atau tujuan (purpose).

Kalau sepotong baju cocok dengan ukuran dan bentuk tubuh sobat, kata inilah yang digunakan untuk menggambarkan kecocokan itu. Kalau sofa pas ukurannya dengan ruangan tempat sofa itu diletakkan, kata ini jugalah yang dipakai untuk menggambarkan kesesuaian itu. Kalau sobat mempunyai kualitas atau memenuhi syarat untuk menjadi seorang guru, verba inilah yang digunakan untuk mendeskripsikannya.

  • The hat that I just bought fits my head. – Topi yang baru saja saya beli pas (ukurannya) dengan kepala saya.
  • I believe that I fit the job. – Saya yakin saya cocok (mempunyai kualifikasi yang diperlukan) dengan pekerjaan itu.
  • She is perfectly fit to be a mother. – Dia sangat cocok (artinya dia memenuhi syarat dan kualifikasi) menjadi ibu.

SUIT

Kata ini juga diartikan cocok atau sesuai. Berbeda dengan kata sebelumnya, kata ini digunakan untuk mengatakan bahwa sesuatu sesuai atau cocok dengan yang lain dalam pengertian nyaman, berguna, atau memenuhi kebutuhan bagi seseorang.  Kata ini juga dipakai untuk mengatakan pakaian atau apapun yang sobat pakai membuat sobat tampak lebih menarik.

Jadi, misalnya nih, kalau sebuah pekerjaan yang ditawarkan kepada sobat cocok dengan sobat, dalam pengertian pekerjaan itu sesuai dengan waktu yang sobat miliki, dan demikian pas dan nyaman untuk sobat, kata kerja ini bisa digunakan. Atau ketika sobat mencoba baju di toko, dan baju itu sangat cocok untuk sobat (BUKAN dalam arti ukurannya), dan sobat kelihatan lebih cantik atau ganteng dengan baju itu, verba ini bisa digunakan.

  • I am sure that baby-sitting is a good part-time job for you. It really suits you. – Saya yakin pekerjaan mengasuh bayi bagus untukmu. Pekerjaan itu sangat cocok untuk kamu.
  • This blue slim-fit shirt suits you. – Baju slim-fit ini cocok untuk kamu.
  • Any time suits me. – Kapanpun waktunya saya cocok.
  • This program suits the needs of the students. – Program ini cocok dengan kebutuhan murid.

MATCH 

Kata ini juga berarti sesuai atau cocok. Verba ini digunakan ketika sobat ingin mengatakan bahwa sesuatu cocok dengan sesuatu yang lain, dan ketika digabungkan, keduanya tampak harmonis, serasi dan enak dipandang. Maka, kata kerja ini lazimnya digunakan untuk hal-hal terkait tampilan fisik. Verba ini juga digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sepadan dalam pengertian sama kualitasnya.

Baju warna biru, misalnya, cocok dengan celana warna hitam, dan kalau dipadupadankan tampak serasi. Atau, dua pemain tenis yang sama gesitnya bisa dideskripsikan dengan kata ini.

  • The sofa matches the carpet. – Sofanya cocok dengan karpet.
  • The skills and power of the two tennis players matched. Keterampilan dan kekuatan kedua pemain tenis itu sepadan.
  • This maroon T-shirt matches the black jeans. – Kaos merah maron ini cocok dengan jins hitam itu.

Sekarang coba sobat perhatikan kalimat ini:

  • You look great, Don. Your blue shirt fits you well (pas ukuran). It also suits you (membuatmu tampak menarik). It matches the white pants you are wearing (cocok, serasi dengan) celana putih yang kamu pakai.

Semoga membantu.

 

2 thoughts on “Fit vs Suit vs Match: Beda Ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *