Fee vs Charge

By | January 2, 2016

Sobat pembaca, pokok bahasan kita kali ini adalah kata fee dan charge, dan ini adalah kelanjutan dari pembahasan kita tentang cost dan expense. Dalam pembahasan sebelumnya tentang cost dan expense, kita tahu bahwa cost adalah sejumlah uang yang kita keluarkan untuk mendapatkan sesuatu, entah barang atau jasa.

Cost mempunyai cakupan makna yang lebih luas dibanding fee dan charge. Dengan kata lain, fee dan charge adalah bentuk cost yang diterapkan dalam konteks yang spesifik. Mari kita lihat satu per satu.

FEE

Kata ini digunakan untuk merujuk pada sejumlah uang sobat harus bayarkan atas jasa profesional tertentu yang sobat dapatkan. Misalnya, ketika sobat mengunjungi seorang dokter untuk berobat, uang yang sobat bayarkan atas jasa atau layanan yang diberikan oleh sang dokter disebut fee.

Lalu, apakah fee tersebut termasuk cost? Tentu saja. Tetapi, medical costs mencakup hal-hal lain terkait dengan pengobatan. Coba sobat bayangkan, seseorang pergi ke rumah sakit untuk berobat. Di awal, barangkali harus dilakukan pemeriksaan dengan alat-alat medis, termasuk sinar X. Lalu, dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Dan, mungkin beberapa hari kemudian harus ada pembedahan. Paska operasi, masih harus dilakukan pemeriksaan rutin untuk memantau perkembangan kesehatan pasien.

Untuk semua layanan itu, pasien harus membayar sejumlah uang. Itulah yang disebut medical costs, biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar semua jenis layanan medis itu, termasuk fee yang harus dibayar kepada seorang dokter. Jadi, fee itu hanyalah sebagian kecil dari seluruh cost, atau bentuk yang lebih spesifik dari cost.

Contoh lain, misalnya consultation fees (uang yang sobat bayarkan atas jasa konsultasi dengan seorang psikolog atau dokter, misalnya), admission fees (uang yang sobat bayarkan saat masuk ke suatu tempat, misalnya museum), tuition fees (uang yang sobat bayarkan secara reguler atas layanan pendidikan di sebuah lembaga), dan lain-lain. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • If you want to register for the program, you have to pay an application fee of $50 by January. – Jika Anda ingin mendaftar untuk program itu, Anda harus membayar biaya aplikasi 50 dolar sampai bulan Januari.
  • His master clothed and fed him, paid his doctor’s fees, but took all compensation paid for injury done to him. Tuannya memberinya pakaian dan makanan, membayar biaya dokter, tetapi mengambil seluruh kompensasi yang dibayarkan atas cedera yang dibuat kepadanya.
  • The fees charged for trained nurses run from $12 to $25 a week, and even more for special cases. – Biaya yang dibebankan untuk membayar perawat yang terlatih berkisar antara $12 sampai dengan $25 seminggu, dan bahkan lebih untuk kasus-kasus khusus.

CHARGE

Kata charge mempunyai beberapa arti. Yang kita bahas kali ini adalah charge dalam arti sejumlah uang yang dibayarkan atas jasa tertentu. Kata ini mempunyai arti yang sama dengan fee dan dalam banyak hal charge dan fee bisa dipertukarkan. Hanya saja, kata charge juga mencakup bentuk-bentuk pembayaran lain, misalnya pajak atau denda, atau biaya tambahan lain, di luar fee utama untuk layanan yang diberikan. Coba perhatikan

  • There is a charge of $50 if you don’t fill up the gas tank when you return the rental car. – Ada biaya sebesar $50 yang harus dibayar jika Anda tidak mengisi penuh tangki bensin saat Anda mengembalikan mobil rental.
  • Fees vary slightly from surgery to surgery and additional charges may be made for services like injections and blood tests. –
    Biaya bervariasi antara satu ahli bedah dengan ahli bedah lain, dan biaya tambahan mungkin harus dibayar untuk layanan-layanan seperti suntik dan pemeriksaan darah.
  • This fee covers basic laboratory investigations, basic procedures, x-ray services and standard charges.-
    Biaya ini mencakup pemeriksaan laboratorium, prosedur dasar, layanan sinar x dan biaya-biaya standar.
  • Specialised emergency investigations and services will involve additional charges.

Kata charge dalam kalimat 1 mengacu pada biaya yang harus dikeluarkan bukan atas jasa, tetapi atas kelalaian penyewa mobil, yaitu tidak mengisi penuh tangki bensin. Kata charges dalam kalimat 2 mempunyai arti yang sama dengan fees; kata charges sengaja digunakan untuk menghidari repetisi sekaligus mengacu pada pembayaran atas layanan-layanan lain di luar fee utama. Demikian juga dalam kalimat ke 3, kata charges mempunyai arti yang sama dengan fee, tetapi sengaja digunakan untuk menghindari repetisi.

2 thoughts on “Fee vs Charge

  1. Satriyo

    Makasih infonya. Kebetulan saya sedang ingn memahami lebih dalam tenang makna kata fee. Web nya juga bagus.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *