Exercise vs Sports

By | November 22, 2015

Sobat pembaca setia, kali ini kita bahas dua kata yang sama-sama melibatkan aktivitas fisik, dan dalam bahasa sehari-hari sama-sama diartikan olah raga. Dalam bahasa Inggris, exercise dan sports dua hal yang berbeda. Cycling dan jogging dimasukkan dalam kategori exercise, tetapi soccer, badminton, hockey adalah contoh-contoh sports. Mari kita bahas masing-masing kata.

Exercise

Sebelum menjelaskan arti kata ini, baik kalau dijelaskan lebih dulu terlebih dulu kepada sobat pembaca tentang physical activity atau aktivitas fisik. Semua gerakan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari termasuk kegiatan fisik.

Tentu kegiatan fisik sangat beragam, mulai dari jalan ke pasar, berkebun, menyapu, mengepel, dan lain sebagainya. Kegiatan fisik keseharian semacam itu umumnya dilakukan TIDAK dengan tujuan membakar kalori demi menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh.

Nah, exercise adalah bentuk physical activity atau kegatan fisik yang memang direncanakan (diprogram) untuk mencapai tujuan atau target tertentu, misalnya, menjaga kesehatan jantung atau menurunkan berat badan. Untuk mencapai target tertentu ini lah, exercise perlu dilakukan secara terencana dan berulang-ulang.

Kata kerja yang biasanya dipakai dengan kata exercsie adalah do. Jika sobat lari pagi keliling lapangan secara kontinu, dan itu adalah bagian dari program menjaga kesehatan jantung Anda, You do exercsie.

Sports

Sports juga melibatkan kegiatan fisik.  Tetapi, sports umumnya membutuhkan skill atau keterampilan tertentu. Sports juga umumnya memiliki seperangkat aturan main yang mengikat semua yang terlibat dalam aktivitas fisik ini. Selain itu, sports biasanya – tapi tidak selalu – bersifat kompetitif, memiliki aspek persaingan demi merebut kejuaraan tertentu. Maka, Anda bisa saja kelihatan terampil atau tidak terampil di sports, tetapi sobat pembaca tidak akan pernah dinilai terampil atau tidak terampil sewaktu sobat melakukan exercise.

Dilihat dari targetnya pun berbeda. Orang melakukan exercise demi kebugaran atau kesehatan, orang bermain sports demi kejuaraan atau kemenangan, meskipun tentu saja sobat juga akan mendapatkan manfaat kesehatan dari sports.

Dalam bahasa Inggris, terutama American English, kata yang biasanya dipakai bersama-sama dengan kata sports adalah play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *