Have You Ever Met Your Doppelganger?

By | November 28, 2016

Sobat percaya gak kalau doppelganger itu ada? Sobat percaya gak kalau masing-masing dari kita mempunyai kembaran? Entah benar entah tidak, ada cukup banyak cerita misterius tentang orang-orang yang pernah bertemu dengan bayangan dirinya sendiri, ataupun bertemu dengan sosok yang sangat mirip, bahkan sama, dengan seorang kawan yang sebenarnya sedang berada di tempat lain.

Banyak public figure yang dikisahkan pernah mengalami fenomena aneh ini. Abraham Lincoln, misalnya, konon katanya pernah bertemu dengan dirinya sendiri dua kali sebelum menjadi presiden Amerika Serikat. Juga Ratu Elizabeth I dari Inggris yang pernah melihat bayangan dirinya terbaring di ranjang, tak lama sebelum sang Ratu mangkat. Kok jadi serem begini sih? Gak kok, tulisan ini tidak membahas kisah-kisah itu, melainkan kata yang digunakan terkait fenomena ganjil itu.

Mungkin sobat pembaca pernah mendengar kata ini: doppelganger.  Ya, kata inilah yang digunakan untuk menyebut kembaran misterius kita. Kata ini secara etimologis berasal dari sebuah kata dalam bahasa Jerman: doppelgänger, yang artinya double walker, bayangan diri yang dipercaya selalu menemani setiap dari kita.

Kata ini, menurut Online Webster Dictionary, diciptakan oleh Johann Paul Richter, seorang penulis Jerman, di tahun 1796 untuk merujuk pada bayangan diri yang tak kelihatan – tetapi identik – setiap makhluk hidup menurut cerita rakyat kuno Jerman. Menurut cerita rakyat ini, diri kedua berbeda dari arwah. Diri kedua ini kadang-kadang dianggap sebagai diri negatif dari yang hidup. Doppel berarti double dan ganger berarti goer.

Tetapi, kata ini dalam perkembangannya, terutama setelah diadopsi ke dalam bahasa Inggris, tidak hanya mengacu pada bayangan diri yang tak kelihatan, tetapi juga kepada seseorang yang secara fisik – terutama wajah – sangat mirip dan nyaris sama dengan kita. Kamus online The Free Dictionary menyebutkan bahwa kata ini mengacu pada salah satu (yang manapun) dari dua orang yang secara fisik sangat mirip, meskipun bukan saudara kembar.

Artinya, kalau sobat ketemu dengan seseorang yang secara fisik sangat mirip dengan sobat, orang itu adalah doppelganger Anda, dan Anda adalah doppelganger bagi dia. Apakah itu mungkin? Sangat mungkin. Sobat bisa mengunjungi Twin Strangers, sebuah website yang khusus diperuntukkan bagi doppelganger. Ternyata ada begitu banyak orang di dunia ini yang sangat mirip dan nyaris sama, meskipun tidak ada hubungan kekerabatan. So guys, have you ever met your doppelganger?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *