What Do You Guys Do During A Staycation?

By | January 19, 2017

Sekitar sepuluh tahun terakhir ada satu kata yang populer digunakan di Amerika Serikat: staycation. Kata ini adalah gabungan atau kombinasi (sering disebut dengan istilah portmanteau dalam bahasa Inggris) antara kata stay (maksudnya stay-at-home) dan vacation.

Dari kata vacation itu, kita bisa menduga kata ini awalnya digunakan di Amerika Serikat. Saking populernya, kata ini sekarang sudah secara resmi tercatat dalam kamus Merriam-Webster sejak Juli 2009. Kata ini merujuk pada liburan (vacation) tanpa bepergian, dan sebagai gantinya menghabiskan waktu di rumah dengan beberapa aktivitas.

Beberapa kata lain juga kadang-kadang digunakan sebagai sinonim kata ini: holistay, nearcation, daycation. Kata ini tak hanya berarti menghabiskan liburan di rumah. Kadang-kadang orang menghabiskan waktu dengan pergi ke luar, meskipun tak jauh dari rumah dan masih di kota yang sama. Menurut Kamus Etimologi, kata staycation mulai sangat populer ketika di Amerika Serikat terjadi resesi besar pada Maret 2008. Harga bensin melonjak tajam dan, meskipun banyak orang ingin pergi berlibur, mereka tidak mampu melakukannya.

Tetapi menurut World Wide Words, kata itu sendiri sebenarnya pertama kali muncul di sebuah artikel di Washington Post tanggal 4 Agustus 2005. Kalimat dalam artikel tersebut berbunyi demikian: “The city empties out. The commute becomes bearable. It’s the perfect time for a ‘staycation,’ to dig in those heels and enjoy the comforts of home: 300-thread-count sheets, stainless outdoor fire pit, well-stocked fridge.

Tetapi, meskipun kata ini telah tercatat dalam kamus Merriam-Webster, salah satu universitas di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kata ini tidak perlu ada karena vacation TIDAK sama dengan travel (meskipun lazimnya melibatkan travel). Jadi, menurut mereka, sah-sah saja orang menghabiskan liburan di rumah tanpa bepergian.

Nah, apa yang biasanya dilakukan oleh orang-orang Amerika selama staycation? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan tanpa bepergian jauh. Diantaranya adalah mengunjungi museum, bersepeda, nonton film, belanja, baca buku, berlatih yoga atau senam, mengadakan barbeque, nonton pertandingan bola, dan lain-lain

Kalau saya sendiri sih, sebelum kata itu muncul dan menjadi populer, setiap kali liburan saya sudah melakukan staycation, soalnya tidak pernah pergi ke mana-mana :). Bagaimana dengan sobat semua? What do you do during a staycation?

Referensi

http://www.etymonline.com/

http://www.worldwidewords.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *