Perbedaan Correct, Right, dan True

By | November 28, 2015

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas tiga kata yang mempunyai kemiripan makna, yakni correct, right, dan true. Kalau sobat melihat di kamus, ketiga kata tersebut mempunyai kesamaan arti dalam bahasa Indonesia, yakni benar. Sementara correct dan right adalah sinonim, dan dalam banyak hal bisa dipertukarkan, true bermakna lain. Mari kita lihat satu per satu.

CORRECT

Kata correct berarti ‘benar’ dalam arti sama sekali bebas dari kesalahan, benar dalam konteks apapun, benar secara mutlak dan pasti, BUKAN benar secara subyektif atau menurut situasi tertentu. Ketika seseorang mengajukan pertanyaan matematis, misalnya, ‘What is two plus two?” – berapa dua tambah dua? – dan ketika teman Anda menjawab ‘four’- empat – dan jawaban tersebut benar, maka sobat akan merespon, ‘Yes, that’s correct‘ – benar.

Kata correct lebih tepat digunakan di sini, karena matematika adalah hal yang pasti dan mutlak. Kita tidak bisa memberikan jawaban yang berbeda-beda sesuai tafsir atau opini kita. Di mana-mana, dalam situasi apapun, ‘dua tambah dua itu empat’.

  • The answer is correct. – Jawaban itu benar; benar secara mutlak dan pasti
  • You are correct in saying that Jupiter is the largest planet. – Anda benar waktu Anda mengatakan Jupiter itu planet terbesar.

RIGHT

Kata right  juga berarti benar, tetapi benar yang sifatnya subyektif, benar yang tidak mutlak dan pasti, benar dalam konteks tertentu, benar yang mengisyaratkan opini subyektif. Coba perhatikan ilustrasi berikut ini:

Dalam perjalanan pulang dari kantor, sobat pembaca melihat dua orang anak kecil sedang berdiri di bawah lampu lalu-lintas tengah meminta-minta. Seorang ibu dalam mobil kijang membuka jendela dan memberikan sejumlah uang. Dalam pandangan subyektif sobat, yang dilakukan ibu tersebut adalah benar. Maka,

  • It was the right thing to do to help the children by giving them some money. – Membantu anak-anak (jalanan) dengan memberi sejumlah uang adalah hal (tindakan) yang benar.

Kata right lebih tepat digunakan dalam kalimat tersebut, karena kalimat tersebut mengisyaratkan pandangan atau opini subyektif. Disebut subyektif sebab bagi orang lain, tindakan itu bisa jadi dianggap melumpuhkan daya juang dan kemandirian seseorang, dan tidak memberdayakan. Bagi yang lain lagi, tindakan itu dianggap benar dalam kondisi tertentu.

Kesimpulannya, kata correct digunakan jika sobat ingin mengungkapkan bahwa sesuatu itu benar secara mutlak dan pasti. Kata right digunakan jika sobat pembaca ingin mengungkapkan bahwa sesuatu itu benar dalam penilaian atau opini subyektif.

TRUE

Dibandingkan dua kata sebelumnya, kata true bermakna lain. Sesuatu dikatakan ‘true‘ jika sesuatu itu didasarkan pada fakta, tidak dibuat-buat. Sesuatu juga dikatakan true jika sesuatu itu mengungkapkan kebenaran, dalam arti didasarkan pada apa yang benar-benar terjadi.

Jika sebuah pernyataan itu true, maka pernyataan itu didasarkan pada apa yang sesungguhnya terjadi.

  • The statement is true. – Pernyataan itu benar (dalam arti didasarkan pada fakta, pada apa yang sebenarnya terjadi, bukan rekaan).
  • Everything I said is true Semua yang kukatakan kepadamu itu benar (didasarkan pada fakta, bukan rekaan).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *