Brief vs Short: Perhatikan Bedanya!

By | October 5, 2018

Sobat pembaca, dua kata sifat yang kita bahas kali ini, brief dan short, mempunyai kemiripan makna. Keduanya begitu dekat maknanya sehingga nyaris sulit dibedakan. Kalau sobat melihat dalam kamus, kata brief adalah sinonim dari short, tetapi itu tidak berarti keduanya sama persis. Masing-masing kata membawa konotasi makna sendiri. Untuk membahas dua kata ini, kita merujuk pada kamus online Collins Dictionary. Mari kita bahas satu per satu.

BRIEF

Kata ini, menurut kamus tersebut, adalah lawan atau antonim dari kata long dalam pengertian durasi atau lamanya waktu suatu kejadian berlangsung. Artinya, kata ini bisa digunakan untuk menunjukkan betapa singkatnya suatu peristiwa terjadi. Dalam konteks waktu, kata brief bisa digantikan oleh short.

Meskipun demikian ada sementara penutur asli (tentu tidak semua, dan mungkin juga bersifat subyektif) merasa bahwa kata brief mengisyaratkan durasi yang jauh lebih singkat daripada kata short. Artinya peristiwa tersebut berakhir segera setelah dimulai.

Sobat bisa menemukan kata ini dalam frasa-frasa seperti: brief stay, brief meeting, brief visit, brief lesson, brief journey, dan lain-lain. Dalam frasa-frasa tersebut, sobat juga bisa menggunakan kata short dengan makna yang secara umum sama, meskipun sebagaimana disebutkan di atas ada sementara penutur asli merasa bahwa kata brief memberi penegasan bahwa peristiwa yang terjadi berlangsung jauh lebih singkat daripada peristiwa yang dideskripsikan dengan kata short.

Kata ini juga bisa berarti “short and to the point” ketika sobat berbicara tentang isi atau konten dari sesuatu. Menurut definisi tersebut, kata ini juga mengisyaratkan jumlah kata yang lebih sedikit ketimbang kata short, dan oleh karena itu lebih pendek dan langsung pada intinya. Sobat bisa menemukan kata brief dalam pengertian ini  dalam frasa-frasa seperti brief statement, brief speech, brief explanation, brief story, brief survey, brief description, dan lain-lain.

SHORT

Kata ini juga merupakan lawan kata atau antonim dari kata long dalam pengertian durasi waktu. Sebagaimana disebutkan di atas, kata ini secara umum bisa dipertukarkan dengan kata brief, dengan makna yang kurang lebih sama, meskipun sobat mesti memperhatikan catatan di atas bahwa ada sementara penutur asli merasa ada perbedaan tipis di antara keduanya (lihat penjelasan tentang kata brief).

Kata ini juga bisa berarti pendek atau singkat dalam pengertian isi atau konten dari suatu penjelasan, pidato, pernyataan, dan lain-lain, seperti halnya kata brief. Dalam pengertian ini ada perbedaan yang cukup penting yang sobat layak perhatikan sebagaimana diterangkan dalam penjelasan tentang kata brief di atas.

Kata ini juga bisa digunakan untuk mendeskripsikan ukuran panjang atau pendeknya sesuatu atau tinggi pendeknya seseorang. Dalam pengertian ini, kata ini TIDAK BISA digantikan oleh kata brief. Sobat bisa mengatakan short people tetapi tidak brief people (X). Sobat bisa mengatakan short hair, tetapi tidak brief hair (X).

Semoga membantu.

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *