Branch vs Limb vs Bough vs Twig: Apa Bedanya?

By | May 19, 2018

Sobat pembaca setia, kali ini englishforsma.com membahas empat nomina yang berkaitan dengan dahan pohon, yakni branch, limb, bough, dan twig. Apa sih bedanya? Mari kita bahas satu per satu.

BRANCH

Kata ini mempunyai beberapa makna, salah satunya adalah dahan. Kata ini adalah yang paling umum digunakan  dalam percakapan sehari-hari ketika sobat menyebut dahan dari sebuah pohon, meskipun kata ini juga bisa dipakai untuk menyebut ranting tanaman.

Kamus online Merriam-Webster memberikan definisi ini: “a natural subdivision of a plant stem; especially a secondary shoot or stem (such as a bough) arising from a main axis (as of a tree)” – cabang dari batang tanaman atau pohon (misalnya bough) yang tumbuh dari batang pokok. Kamus online lain Longman Dictionary memberi penekanan bahwa kata ini merujuk pada cabang-cabang pohon yang berdaun, termasuk juga cabang dari cabang, yang ukurannya lebih kecil.

Maka, kalau sobat sedang berbicara tentang dahan yang keluar dari batang pohon maupun tanaman, ataupun cabang berukuran lebih kecil yang keluar dari cabang tersebut, silakan gunakan kata ini.

LIMB

Bagaimana dengan kata limb? Kata ini umumnya merujuk pada lengan dan kaki manusia. Tetapi, kata ini juga digunakan untuk menyebut dahan pokok atau utama berukuran besar. Kamus online Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “a large primary branch of a tree” – Cabang utama berukuran besar dari sebuah pohon. Jadi, kata ini tidak pernah dipakai untuk berbicara tentang ranting tanaman.

Menilik definisi tersebut, kata ini merujuk pada dahan yang keluar langsung dari batang pohon, maupun dahan yang keluar dari dahan lain, sejauh itu berukuran besar. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa kata ini TIDAK PERNAH digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini mempunyai nuansa formal dan puitis, dan oleh karena itu lebih lazim dipakai dalam tulisan-tulisan formal maupun karya sastra.

BOUGH

Kata ini mempunyai makna yang sama dengan limb. Artinya, kata ini merujuk pada cabang utama berukuran besar dari sebuah pohon. Sama dengan kata limb, kata ini sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

TWIG

Kata ini sangat lazim dipakai dalam percakapan sehari-hari. Dalam bahasa Indonesia diartikan ranting. Umumnya, penutur asli menggunakan kata ini untuk menyebut cabang pohon berukuran kecil, yang bisa dengan mudah diambil atau ditekuk dengan jari.

Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa kata ini berarti “a small, thin branch of a tree or bush, especially one removed from the tree or bush and without any leaves” – cabang berukuran kecil dari sebuah pohon atau tanaman, khususnya yang telah diambil dari pohon atau tanaman tersebut dan tak berdaun. Jadi, kata ini tidak hanya merujuk pada cabang berukuran kecil dari pohon, tetapi juga tanaman, bahkan semak.

Ketika orang akan membuat api, biasanya ranting kecil ini lah yang akan dipakai pertama kali. kalau api sudah cukup besar dan ‘jadi’, baru kemudian ditambahkan batang kayu yang lebih besar.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *