Beware of Standing Water in Your Yard

By | November 24, 2017

There’s too much standing water, I can’t seem to breath …. There’s too much standing water, there’s panic on the streets. Itu petikan syair lagu Standing Water dari grup band beraliran rock asal Inggris Stiff Dylans, yang secara resmi mengawali karir musiknya tahun 2008 lalu.

Dalam lagu itu, frasa standing water barangkali tidak mempunyai arti harafiah. Mungkin penulis lagu tidak sedang menggunakan frasa itu dalam pengertian harafiahnya, dan hendak menyampaikan makna lain di balik frasa itu. Tulisan ini tentu tidak akan membahas makna frasa ini terkait lirik lagu, tetapi mau membahas apa sih sebenarnya arti standing water? Apakah bisa dipahami sebagai air berdiri? Tidak masuk akal, bukan?

Frasa ini tentu saja tidak ada kaitannya sama sekali dengan kata berdiri. Kamus online Collins Dictionary menyebutkan bahwa frasa ini berarti “any body of stagnant water, including puddles, ponds, rainwater, drain water – segala bentuk tubuh air diam/menetap yang tidak mengalir, termasuk genangan air, situ (danau mini), air hujan yang menggenang, dn lain-lain.” Jadi, kata standing dalam frasa ini sama artinya dengan stagnant,  diammenetaptidak bergerak, tidak mengalir.

Sobat pasti sudah pernah melihat berbagai jenis standing water di sekitar sobat, mulai air hujan menggenang di halaman rumah atau jalan-jalan, belik di desa, kolam, waduk, danau, situ, dan lain-lain. Semua itu secara umum disebut standing water. Jadi, ini istilah umum untuk merujuk pada sekumpulan air diam.

Beberapa jenis standing water tentu bermanfaat, dan kadang-kadang malah bisa dijadikan tempat pariwisata. Waduk Sermo di Kulon Progo, misalnya, menjadi tempat wisata yang menarik banyak orang untuk datang berkunjung. Belik di desa-desa sering dijadikan sumber air bersih bagi warga. Begitu juga dengan danau.

Tetapi, ada juga jenis standing water yang harus diwaspadai karena bisa mendatangkan bencana. Genangan air di jalan saat hujan, misalnya. Sobat mesti mengurangi laju kendaraan saat melewati genangan air semacam ini jika sobat ingin perjalanan aman dan nyaman. Genangan air berhari-hari di pojok halaman rumah juga mesti segera diatasi. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi sumber penyakit yang mungkin saja mematikan.

So, beware of standing water in your yard!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *