Street vs Avenue vs Boulevard: Ini Dia Bedanya!

By | November 17, 2017

Sobat pembaca, beberapa waktu yang lalu, blog ini pernah mengangkat topik bahasan tentang road dan street. Sobat bisa membaca lagi topik tersebut di sini. Tulisan singkat itu menyebutkan bahwa yang disebut road adalah jalan sebagai rute yang dilalui kendaraan dan menghubungkan satu titik (tempat) ke titik lain, misalnya, dari Yogyakarta ke Semarang. Sementara street adalah jalan beraspal di dalam kota yang mempunyai fungsi sosial, menjadi penghubung antara tempat-tempat dalam suatu kota.

Kali ini, topik yang diangkat masih berkaitan dengan jalan yang disebut street. Pasalnya, dalam bahasa Inggris ada dua kata lain yang sering digunakan untuk menyebut jenis-jenis jalan ini: avenue dan boulevard. Sama atau beda sih? Jawabannya jelas, beda! Mari kita bahas satu per satu.

AVENUE

Kata ini sebenarnya sama dan identik dengan street, baik dalam hal ukuran maupun tampakan fisik. Jadi, yang disebut avenue pastilah jalan beraspal yang hanya bisa dijumpai di kota. Baik street maupun avenue adalah jalan beraspal satu lajur, dan lazimnya di kanan kiri jalan banyak ditumbuhi pohon dan tanaman perdu. Yang dimaksud satu lajur adalah tidak ada median pemisah di tengah. Dalam tata kota Amerika Serikat, misalnya, keduanya dibedakan, supaya orang lebih mudah untuk bernavigasi.

Dalam sistem tata kota Amerika Serikat, jalan memanjang dari timur ke barat lazimnya disebut street. Sementara itu, jalan yang memanjang dari utara ke selatan biasanya disebut avenue. Nah, street dan avenue pasti berpotongan tegak lurus. Jadi, kalau sobat berkendara sepanjang avenue tertentu dan kemudian ketemu perempatan, jalan ke kiri atau ke kanan dari perempatan itu pastilah disebut street. Kata street biasanya disingkat St. dan kata avenue lazimnya disingkat Av.

BOULEVARD

Boulevard sebenarnya juga jenis street, karena jalan ini hanya ditemukan dalam kota. Yang disebut boulevard adalah jalan lebar, barangkali dua kali ukuran avenue. Jalan ini memiliki dua lajur, dan masing-masing lajur dipisahkan oleh median pemisah. Sobat pasti sudah pernah melihat jalan seperti ini di kota-kota besar. Berikut adalah gambar sebuah boulevard Saint-Germain di kota Paris, yang diambil dari wikipedia. Sobat bisa melihat median pemisah berada di tengah-tengah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *